Skip to main content
Penjelasan Tata Bahasa Jepang dasar-009

1. Kata benda [B]
Kata benda bahasa Jepang, kecuali untuk beberapa kata benda, tidak berubah bentuknya menurut jumlah atau jenis kelamin.

2. Kata Bantu atau partikel [P] , “wa’ , “mo” , “ka” dsb
Kata Bantu yang diikuti kata benda atau kata ganti menunjukkan hubungan antara kata benda atau kata ganti dengan perkataan lain. Dengan kata lain, kata Bantu menyatakan kasus di dalam kalimat. Selain dari pada itu kata Bantu ini mempunyai beberapa cara pemakaiannya.
1) [B] wa
“B wa” menyatakan pokok kalimat atau subyek
Contoh : Watashi wa keshuusei desu ( Saya adalah trainee )
2) [B] mo , B juga
Contoh : Tanaka-san wa Nihon-jin desu (Tuan Tanaka adalah orang Jepang)
Kimura-san mo Nihon-jin desu (Nona Kimura juga orang Jepang)
3). Kalimat + ka
Untuk membuat kalimat Tanya , kata Bantu “ka” ditambahkan pada akhir kalimat. Nada menaik diakhir kalimat. Tanya.
Contoh : Anata wa kenshuusei desu ka (Apakah saudara trainee ? )
4). [B] no (Lihat Bahasa Jepang dasar-010 dan 011)

3. “desu” (kata kerja penghubung)
1). “desu” biasanya digunakan pada akhir kalimat untuk menyatakan penentuan atau keputusan dalam sebutan kata benda atau sebutan kata sifat. Dalam bahasa Indonesianya, walaupun jarang dipakai , berarti “adalah”
2). “desu” juga digunakan untuk menyusun kalimat sopan.

4. Konjugasi “desu” dalam waktu sekarang dan waktu yang akan datang
Positif………….desu
Negatif ……….dewa arimasen
Dalam percakapan sehari-hari “ja arimasen” sering dipakai sebagai pengganti “dewa arimasen”

5. Hai, sou desu , Iie, sou dewa arimasen
“sou” sering dipakai sebagai “sou desu” atau “sou dewa arimasen” di dalam menjawab pertanyaan sebagai pengganti kata benda atau kata ganti yang di pakai dalam pertanyaan. Pemakaian “sou” ini baik sekali karena jawabnya menjadi pendek dan gampang.
Perhatian : “sou” jangan dipakai sebagai pengganti kata kerja dan kata sifat.
Contoh :
Anata wa Toukyou Kikai no kenshuusei desu ka
(Apakah saudara trainee dari Tokyo Kikai ?)
Hai, Toukyou Kikai no kenshuusei desu
(Ya, saya trainee dari Tokyo Kikai)
Hai, sou desu (Ya , betul)
Iie, Toukyou Kikai no kenshuusei dewa arimasen
(Bukan, saya bukan trainee dari Tokyo Kikai)
Iie, sou dewa arimasen (Bukan)

6. –san
Kata “-san” dipakai dibelakang nama orang yang diajak bicara atau nama orang ketiga. Tetapi jangan dipakai dibelakang nama si pembicara sendiri.
Contoh :
Watashi wa Kimura desu (Saya adalah Kimura)
Anata wa Tanaka-san desu ka (Apakah anda Tuan/nyonya/nona Tanaka ?)
Nama orang Jepang :
Tanaka Haruo --> Tanaka = Nama keluarga , Haruo = Nama kecil
Di Jepang, untuk menyebutkan nama orang biasanya Nama lengkap atau hanya nama keluarga saja yang disebutkan. Nama kecil hanya dipakai di antara teman akrab atau keluarga saja.

7. Letaknya kata Tanya
Dalam bahasa Jepang, kalimat Tanya dengan kata ganti Tanya, urutannya katanya sama dengan kalimat Tanya tanpa kata ganti Tanya.
Contoh :
Anata wa Rao-san desu ka (Apakah anda Sdr. Rao ?)
Anata wa dare desu ka (Siapakah anda ?)

8. “Dare” dan “donata”
Keduanya berarti “siapa” , tetapi “donata” lebih sopan daripada “dare”

9. Ohayou gozaimasu
Ini berarti “selamat pagi” . “ohayou” adalah bentuk sederhana dari “ohayou gozaimasu” dan dipakai di antara teman-teman atau termasuk orang di bawahnya. Jadi tidak boleh dipakai terhadap atasan (harus : “ohayou gozaimasu”)

*Jika anda ingin memiliki audio filenya , silahkan download dari “Link” yang ada pada Group.
(Dai 01 ka,wmv)

Comments

Popular posts from this blog

resep kombinasi amulet & cincin Upgrade Elemental Rings dan Amulets: Rings: Ring + 5 x Talics + 5 x Talics + 5 x Tier 3 Gems + 5 x Tier 3 Gems Contoh : Elemental Ring 15/15 a/d, diupgrade lalu berhasil menjadi 25/25 a/d Amulets: Amulet + 5 x Talics + 5 x Tier 3 Gems + 5 x Tier 3 Gems Elemental Black Blood Brother's Necklace Elemental Black Blood Brother Necklace, merupakan gabungan dari 3 Elemental. Yaitu : Dagon's Necklace, Dagan's Ring, dan Dagnu's Ring. 3 Elemental tersebut bisa kita dapatkan dari drop Pit Boss 3D (Dagon, Dagan, Dagnu) di Elan Field. Informasi Efek : 1. Dagon's Necklace : * Tipe : Amulet. * Bangsa : Semua Bangsa. * Semua serangan meningkat 10%. * Kemampuan bertahan meningkat 30%. * Maksimal HP FP meningkat 5%. * Elemen : 3 Angin, 3 Tanah, 3 Api, 3 Air . 2. Dagan's Ring : * Tipe : Cincin. * Bangsa : Semua Bangsa. * Semua serangan meningkat 10%. * Kemampuan bertahan meningkat 10%. * Maksimal HP FP meningkat 20%. * Elemen : 3 Angin, 3 Ta
 foto fotoku perjalanan menonton L'Arc~en~Ciel ke Jakarta

Sulap trik dariku

ROUSSIAN ROULETE BUATAN SAYA EFEK:MAGICIAN DAN AUDIENCE BISA SELAMAT DARI BAHAYA. Bahan: 1.7 gelas steroefoem 2. 1 buah paku 3. 1 pak dek kartu 4. 1 buah spidol ( spidol itu emang buah ya? hehe) Prosedur: 1.beri nomor pada masing-masing gelas yang anda bawa,dari nomor 1 sampai 7. 2.Mintalah 2 orang penonton untuk maju ke depan panggung. 3.minta salah satu dari 2 penonton yang anda ajak bermain untuk memilih kartu dari 1 pak kartu yang anda bawa ( ingat gunakan metode forcing,kalau tidak anda tanggung sendiri akibatnya) 4.setelah penonton tersebut mengambil kartu yang telah anda forcing ( dalam kasus ini 6 Hati) suruh dia menaruh paku ke dalam gelas yang sesuai dengan nomor yang tertera di kartu.( anda minta dia jangan memperlihatkan kartunya kepada siapapun termasuk anda) 5.setelah paku telah di masukan kedalam gelas nomor 6,anda minta kepada audience anda yang satu lagi ( kan tadi ada 2 audience yang maju ke panggung) untuk mengikuti permainan anda. 6. Jelaskan prosedur permainan. Pan